-->
  • Jelajahi

    Copyright © Fakta Hukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Selamat IdulFitri 1445 H

    Iklan

    Iklan

    Tuntaskan administrasi kependudukan masyarakat, Nagari Sumanik luncurkan inovasi "Pernik Tali Berkah"

    Redaksi Fakta Hukum Nasional
    Selasa, 25 Juni 2024, Juni 25, 2024 WIB Last Updated 2024-06-25T04:13:02Z
    masukkan script iklan disini
    banner 719x885


    TANAH DATAR _ Dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat Nagari, Pemerintah Nagari Sumanik luncurkan inovasi "Pernik Tali Berkah" yaitu singkatan dari "Petugas Registrasi Nagari Sumanik Tanpa Libur Berikan kemudahan Adminduk Setiap Hari" pada Rapat Koordinasi tentang Program Unggulan Wali Nagari Sumanik yang dihadiri Camat, Forkopinca, BPRN dan Perangkat Nagari pada Senin, 24 Juni 2024 bertempat di ruang pertemuan Kantor Wali Nagari Sumanik.


    Inovasi ini merupakan salah satu terobosan pelayanan yang dilakukan oleh Wali Nagari Sumanik, Yopi Hendra dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan di Nagari Sumanik. Inovasi yang dijalankan oleh Petugas Registrasi Nagari (PRN) Nagari Sumanik, Rina Rahmatila ini merupakan salah satu upaya mewujudkan pelaksanaan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dibawah kepemimpinan Bupati @eka.putra.official yaitu Peningkatan Layanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Tanah Datar sebagai bentuk sinergitas kerjasama antara Pemerintah Nagari dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 


    Menurut keterangan Wali Nagari Yopi Hendra dihadapan Camat Salimpaung, Khairunnas, "Inovasi pelayanan ini merupakan bentuk kolaborasi pelayanan antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Nagari guna mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Nagari Sumanik dan umumnya di Kabupaten Tanah Datar dimana pelayanan administrasi kependudukan tidak hanya dapat diakses masyarakat nagari Sumanik pada hari kerja saja, tapi juga dapat diakses pada hari libur Sabtu dan Minggu maupun pada hari libur nasional. Kami berharap, sinergitas ini terus terjaga dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat."


    Camat Khairunnas dalam sambutannya sangat mengapresiasi inovasi pelayanan yang dilahirkan Pemerintah Nagari Sumanik dan berharap inovasi-inovasi serupa juga lahir di nagari-nagari lainnya di Kecamatan Salimpaung. Pada kesempatan tersebut Camat juga berkesempatan menyerahkan dokumen kependudukan secara simbolis kepada masyarakat yang mengajukan permohonan penerbitan dokumen kependudukan pada uji coba pelayanan perdana, Sabtu dan Minggu, tanggal 22 dan 23 Juni 2024.


    Ditemui ditempat terpisah, Kadis Dukcapil, Armen Yudi menyambut baik adanya inovasi ini dan berharap agar semua nagari di Kabupaten Tanah Datar juga melakukan pelayanan tanpa jedah libur sehingga masyarakat semakin bahagia dengan pelayanan yang diberikan.


    "Kami sangat surprise sekali dengan inovasi dari Nagari Sumanik ini. Kami sangat mendukung sekali program inovasi dari bapak Wali Nagari Sumanik ini, semoga hal juga dapat diikuti oleh nagari-nagari lain. Tentunya kita semua berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya," jelas Armen.


    Armen bersama jajaran juga bersedia meluangkan waktu untuk melakukan verifikasi dan validasi data permohonan serta menerbitkan dokumen kependudukan secara elektronik pada pelayanan hari libur tersebut.


    "Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh petugas baik di tingkat nagari, kecamatan dan dinas. Jangan hanya petugas saja yang pro aktif, masyarakat juga harus pro aktif untuk mengurus dokumen kependudukan sehingga tertib administrasi kependudukan dapat kita wujudkan sebagaimana mestinya," tutup Armen.(Boy)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini